Pemisahan Campuran - How to Separation the Mixtures

5/04/2015 07:56:00 PM Admin 0 Comments

Sobat kali ini, saya akan memposting tentang ~>
Ilmu Pengetahuan Alam
Pemisahan Campuran – How to Separation the Mixtures


 1.      Filtrasi (penyaringan)
Penyaringan adalah metode pemisahan yang digunakan untuk memisahkan cairan (fluida) dari padatan yang tidak larut dengan menggunakan penyaring (filter) atau septum berdasarkan perbedaan ukuran partikel. Air yang melewati kertas saring disebut filtrate, sedangkan benda yang tertinggal pada kertas saring disebut residu.
proses filtrasi

2.      Dekantasi
Dekantasi adalah metode pemisahan yang dilakukan dengan cara menuang cairan perlahan-lahan sehingga padatan tertinggal di dalam wadah.
proses dekantasi

3.      Sentrifugrasi
Sentrifugrasi adalah proses yang memanfaatkan gaya sentrifugal untuk sedimentasi campuran dengan menggunakan mesin sentrifuga atau pemusing. Komponen campuran yang lebih rapat akan bergerak menjauh dari sumbu sentrifuga dan membentuk endapan (pelet), menyisakan cairan supernatant yang dapat diambil dengan dekantasi. Teknik sentrifugrasi telah dimanfaatkan baik untuk keperluan penelitian, misalnya pada bidang biologi sel dan biologi molekuler, seperti pemisahan sel darah putih dari sel darah merah, maupun untuk industry, misalnya dalam pengayaan uranium dan pengolahan anggur

proses sentrifugrasi

4.      Evaporasi (penguapan)
Evaporasi adalah pemisahan zat padat yang terlarut dari larutannya.
Contoh : pemisahan larutan garam dari air
Petani garam - proses evaporasi

5.      Sublimasi
Sublimasi adalah perubahan wujud dari padat ke gas tanpa mencair terlebih dahulu. Misalkan es yang langsung menguap tanpa mencair terlebih dahulu. Pada tekanan normal, kebanyakan benda dan zat memiliki tiga bentuk yang berbeda pada suhu yang berbeda-beda. Pada kasus ini transisi dari wujud padat ke gas membutuhkan wujud antara. Namun untuk beberapa antara, wujudnya bisa langsung berubah ke gas tanpa harus mencair. Ini bisa terjadi apabila tekanan udara pada zat tersebut terlalu rendah untuk mencegah molekul-molekul ini melepaskan diri dari wujud padat.Sublimasi juga dapat diartikan sebagai metode pemisahan campuran yang didasarkan pada campuran zat yang memiliki satu zat yang apat menyublim(perubahan wujud padat ke gas), sedangkan zat lainnya tidak dapat menyublim. Contohnya, campuran iodin dan garam dapat dipisahkan dengan cara sublimasi.
proses sublimasi

6.      Distilasi (penyulingan)
Distilasi atau penyulingan adalah suatu metode pemisahan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap (volatilitas) bahan. Dalam penyulingan, campuran zat dididihkan sehingga menguap, dan uap ini kemudian didinginkan kembali ke dalam bentuk cairan. Zat yang memiliki titik didih lebih rendah akan menguap lebih dulu. Metode ini termasuk sebagai unit operasi kimia jenis perpindahan massa.  Penerapan proses ini didasarkan pada teori bahwa pada suatu larutan, masing-masing komponen akan menguap pada titik didihnya.
peralatan distilasi

7.      Kromatografi
Kromatografi adalah suatu teknik pemisahan molekul berdasarkan perbedaan pola pergerakan antara fase gerak dan fase diam untuk memisahkan komponen (berupa molekul) yang berada pada larutan.  Molekul yang terlarut dalam fase gerak, akan melewati kolom yang merupakan fase diam. Molekul yang memiliki ikatan yang kuat dengan kolom akan cenderung bergerak lebih lambat dibanding molekul yang berikatan lemah.  Dengan ini, berbagai macam tipe molekul dapat dipisahkan berdasarkan pergerakan pada kolom.
proses kromatografi

8.      Pengendapan
Pengendaopan adalah suatu metode pemisahan zat cair dengan zat padat yang tidak terlarut.
Contoh : Pasir yang mengendap di dasar botol yang berisi air.
proses pengendapan pada bak air

sekian postingan dari saya.. kalau ingin share / copas :v mohon sumbernya diterterakan :v.. see you again


0 komentar: